RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP XAVERIUS MARIA
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester : VII/ Gazal
Alokasi Waktu : 2 X 40’
Pertemuan ke- : 1
Standar Kompetensi :
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar :
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat:
1. Merespon makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf, dan mengungkapkan kesopanan
2. Mengungkapakan makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan
Materi Ajar :
Asking apologies: Respond
- Sorry - It’s ok
- I’m really sorry - That’s alright
- I’m terribly sorry - Never mind
Expression of politeness
- Excuse, may I …
- Could you …
- Would you mind if,…
- Sit down, please
Strategi Pembelajaran: Siklus lisan
- Metode : Modelling, learning community
- Media : Kaset, Gambar, dan dialog berisi ungkapan meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan
- Urutan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Uraian | Waktu |
1. Pendahuluan | Siswa memperhatikan guru memakai ungkapan-ungkapan meminta maaf dan kesopanan Siswa mengidentifikasikan ungkapan-ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran | 10 menit |
2. Penyajian | Siswa mengidentifikasi ungkapan-ungkapan lain yang menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks lisan Siswa melakukan dialog menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan | 60 menit |
3. Penutup | Siswa menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini Guru bersama siswa mengungkapkan keuntungan dan kendala dalam pelajaran hari ini Siswa diberi kesempatan bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas berupa Performance: berdialog pendek didepan kelas dengan menggunakan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan | 10 menit |
Sumber Belajar : Buku ‘Smart Steps 1’ dan Let’s Talk grade 7
Penilaian : Tugas: Performance, melakukan dialog
Mengetahui …. Agustus 2006
Kepala Sekolah Guru
Lusiana Dian R, S.Pd Yustinawati, S.Pd
Lampiran 1
NASKAH SOAL
1. Listen to the cassette or to your teacher and answer the questions!
Text 1 (Let’s talk 1, page 194)
- Who is late?
- What did Lisa say to Listy that she was sorry for being late?
- What did Listy say?
Text 2
Ratih want to buy some candies in the canteen, the shop assistant tries to help her.
Shop Assistant: ‘Excuse, what can I do for you?’
Ratih : ‘Yes, please’. I’m looking for some chocolate candies’
Shop Assistant: ‘Oh, the candies section is not on this floor’
Ratih : ‘So, could you please show me where I have to find the chocolate candies?
Shop Assistant: ‘On the second floor, miss.’
Ratih : ‘Would you mind showing me the way to the second floor?’
Shop ; ‘Sure’
1. Who wants to buy chocolate candies?
2. What did Ratih say when she wanted the shop assistant help?
3. What did Ratih say when she wanted another help from the shop assistant?
Lampiran 2
KRITERIA/RUBRIK PENILAIAN
Text 1
Name | Questions | Score | ||
Who is late? (Score 1) | What did Lisa say to Listy that she was sorry for being late? (score 3) | What did Listy say? (score 2) | ||
Text 2
Name | Questions | Score | ||
Who wants to buy chocolate candies? (score 1) | What did Ratih say when she wanted the shop assistant help? (score 3) | What did Ratih say when she wanted another help from the shop assistant? (score 2) | Score 6 | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar