Senin, 25 Juli 2011

Contoh silabus buat mata pelajaran bahasa Inggris

Silabus

Sekolah                     : SMP ......
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran           :Bahasa Inggris
Semester                     : 1
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
                                       memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
                                       terdekat


Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok







·   Tanya jawab yang terkait dengan materi
·   Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·   Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·   Menjawab / merespon pertanyaan.




Merespon ungkapan ungkapan

·         Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal



·         Perkenalan diri sendiri / orang lain


·         Perintah / larangan


·Tes lisan



·Tes tertulis







·Unjuk kerja






· Merespon ungkapan lisan

·Pilihan Ganda






·Responding


Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.




2x40 menit
·   Script
·   Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)



1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.



1.  Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.
2.  memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
3.  mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
4.  mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
 5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

Merespon ungkapan-ungkapan :
·         Meminta dan memberi informasi

·         Ungkapan terima kasih


·         Permintaan maaf


·         Kesantunan









 Tes lisan








 Tes tulis













Merespon pertanyaan / ungkapan lisan





Melengkapi













Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are in
      the conversation?
 B: ............
 A: thank you so much.
 B: ............

Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
  A:could you open the door
     for me?
 B: .........

 A: Sorry I’m Late.
 B: .........





 2x40 menit


Buku guru

Script percakapan tulis

Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film




Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
                                       Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Kompetensi
Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1   Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat






Contoh:
·   Keep closed !

·   Things to buy
-   Sugar
-   Flour
-   Meat
-   Butter

·   Congratulations !
·   Well done !

·   Announcement !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day.”




1.     Tanya jawab yang terkait dengan materi
2.     Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang
3.     Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi
4.     Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan






·         merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
  
·         Instruksi
·         Daftar  benda / barang
·         (Shoping list )
·         Ucapan selamat
·         Pengumuman

·Tes lisan



·Unjuk kerja



·Tes tertulis






·Pertanyaan



·Respon
  tindakan


·Benar-salah

·   A:What does the writer want to
       buy?
   B: ...............

·   Stand up!
·   Raise your hand!


Listen to the statement and decide if the statement is True (T) or False (F)
·   I need to get a pack of sugar.
...... (T / F)






 2x40 menit
·   Script percakapan

·   Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari

·   Bahan rekaman (kaset, CD,VCD,dll)



2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



Contoh:
·   Congratulations !
·   Well done !

·   Announce ment !
“ School will close tomorow since  it’s the WAISAK day



1.    Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.

2.    Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement

3.    Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 

4.    Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi

5.    Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan

·         Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:

-   Instruksi
-   Shopping list
-   Greeting card
       -  Announcement
Tes lisan













Tes tulis       









Unjuk kerja


  
Daftar pertanyaan



Game








Melengkapi

T/F

Pilihan ganda

Menjodoh
kan

 Respon tindakan


Listen and answer the questions orally!



Listen and mention as many shopping list items as you can remember






Listen and fill in the blank spaces
Write down T/F for the statements
Choose the best answer by crossing a, b, c, or d

Match the statements in list A and B

Listen the instruction and do it!


2x40 menit
 Script teks funsional pendek lisan
Dari buku teks

Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata

Rekaman kaset, CD, DVD, film



Contoh RPP buat mata pelajaran bahasa Inggris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :        SMP XAVERIUS MARIA
Mata Pelajaran            :        BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester            :        VII/ Gazal
Alokasi Waktu            :        2 X 40’
Pertemuan ke-             :        1


Standar Kompetensi   :
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       :    
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

Tujuan Pembelajaran   :     Siswa dapat:
1.      Merespon makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf, dan mengungkapkan kesopanan
2.      Mengungkapakan makna yang melibatkan tindak tutur meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan

Materi Ajar                  :
Asking apologies:                             Respond      
-          Sorry                                 - It’s ok
-          I’m really sorry                  - That’s alright
-          I’m terribly sorry               - Never mind
                           Expression of politeness
-          Excuse, may I …
-          Could you …
-          Would you mind if,…
-          Sit down, please

Strategi Pembelajaran: Siklus lisan    
  1. Metode            :     Modelling, learning community               
  2. Media              :     Kaset, Gambar, dan dialog berisi ungkapan meminta maaf dan mengungkapkan kesopanan
  3. Urutan Kegiatan Pembelajaran



Kegiatan
Uraian
Waktu

1. Pendahuluan



Siswa memperhatikan guru memakai ungkapan-ungkapan meminta maaf dan kesopanan
Siswa mengidentifikasikan ungkapan-ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran




10 menit

2. Penyajian






Siswa mengidentifikasi ungkapan-ungkapan lain yang menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks lisan
Siswa melakukan dialog menggunakan ungkapan meminta maaf dan kesopanan



60 menit

3. Penutup








Siswa menyimpulkan apa yang dipelajari hari ini
Guru bersama siswa mengungkapkan keuntungan dan kendala dalam pelajaran hari ini
Siswa diberi kesempatan bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tugas berupa Performance: berdialog pendek didepan kelas dengan menggunakan ungkapan meminta maaf dan ungkapan kesopanan




10 menit


Sumber Belajar            :     Buku ‘Smart Steps 1’ dan Let’s Talk grade 7     
Penilaian                      :     Tugas: Performance, melakukan dialog





                                                                                                            Mengetahui …. Agustus 2006                                   
                                                                       
                                                                                                            Kepala Sekolah                                   Guru



            Lusiana Dian R, S.Pd                                                             Yustinawati, S.Pd                  








Lampiran 1
NASKAH SOAL

1. Listen to the cassette or to your teacher and answer the questions!

Text 1 (Let’s talk 1, page 194)

-          Who is late?
-          What did Lisa say to Listy that she was sorry for being late?
-          What did Listy say?

Text 2

Ratih want to buy some candies in the canteen, the shop assistant tries to help her.

Shop Assistant: ‘Excuse, what can I do for you?’
Ratih               : ‘Yes, please’. I’m looking for some chocolate candies’
Shop Assistant: ‘Oh, the candies section is not on this floor’
Ratih               : ‘So, could you please show me where I have to find the chocolate candies?
Shop Assistant: ‘On the second floor, miss.’
Ratih               : ‘Would you mind showing me the way to the second floor?’
Shop                ; ‘Sure’

1.      Who wants to buy chocolate candies?
2.      What did Ratih say when she wanted the shop assistant help?
3.      What did Ratih say when she wanted another help from the shop assistant?




Lampiran 2

KRITERIA/RUBRIK PENILAIAN


Text 1

Name

Questions

Score
Who is late?

(Score 1)
What did Lisa say to Listy that she was sorry for being late?
(score 3)
What did Listy say?
(score 2)


















Text 2

Name

Questions

Score
Who wants to buy chocolate candies?


(score 1)
What did Ratih say when she wanted the shop assistant help?

(score 3)
What did Ratih say when she wanted another help from the shop assistant?
(score 2)


Score 6